Pendidikan yang berkualitas sangat tergantung pada kemampuan suatu sekolah dalam mentransformasikan peserta didik untuk memperoleh nilai tambah. Baik yang terkait dengan aspek olah pikir, rasa, hati dan raganya. Guru adalah salah satu dari komponen pendidikan berperan besar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru merupakan faktor yang sangat penting dan strategis dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan, karena guru merupakan tenaga yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Proses pembelajaran merupakan sesuatu yang kompleks. Guru lebih banyak berhubungan dengan pola pikir siswa. Dimana setiap siswa adalah individu yang mempunyai karakter yang berbeda. Setiap siswa memiliki pikiran dan tindakan yang dapat mengubah lingkungan, baik di lingkungan keluarga, di sekolah, maupun di masyarakat. Peserta didik kelas I, II, dan III berada pada rentang usia dini. Mereka m...
Membaca membuka cakrawala dunia itulah ungkapan pepatah . Dengan membaca akan menambah wawasan tentang dunia luar. Dari aktivitas membaca kita akan mengetahui berbagai macam ilmu yang sebelumnya kita tidak tahu. Oleh karena itu kemampuan membaca adalah hal yang paling vital. Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 biasanya belum lancar. Ada sebagian sekolah biasanya mendapati setengah dari seluruh siswanya belum bisa membaca khususnya siswa kelas 1 awal. Malah ada pula sekolah didaerah terpencil banyak para siswa kelas1 awal rata-rata belum bisa membaca semua. Merupakan tugas seorang guru agar siswa tersebut bisa lancar dalam membaca. Mengingat membaca merupakan fondasi untuk mengembangkan ilmu ditingkatan selanjutnya. Oleh karena itu pembelajaran membaca permulaan untuk kelas 1 adalah pembelajaran yang pokok untuk mengembangkan ilmu atau pelajaran yang lainnya. Mengajarkan membaca permulaan membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dari seorang gur...
Terlihat seorang guru memasuki pintu gerbang Sekolah Dasar disambut oleh anak didiknya. Anak-anak sambil mengikutinya penuh kegembiraan dengan sejuta pertanyaan dan cerita untuk sang guru. Mereka tak sabar menanti waktu belajar bersama gurunya. Guru tersenyum penuh kehangatan membalas sambutan dari muridnya. Didengarnya semua cerita anak penuh keseriusan serta dijawab satu persatu pertanyaan dengan sabarnya. Itulah gambaran seorang guru yang sangat disayang oleh anak didiknya dan diidamba-damba kehadirannya. Kita bisa menebak mengapa guru tersebut bisa sedemikian disayang oleh anak didiknya. Yah betul guru tersebut pastilah dalam mendidik dan mengajar penuh keikhlasan dan melayani anak didiknya dengan hati yang tulus. Dialah guru yang berdedikasi tinggi, mengajar dengan menghadirkan hatinya. Sebagai pendidik sepatutnya kita berkaca dari cerita diatas. Coba kita merenung sejenak tentang kewajiban kita sebagai seorang pendidik. Sudahkah kita mengajar anak didik kita ...
Komentar
Posting Komentar