Membaca membuka cakrawala dunia itulah ungkapan pepatah . Dengan membaca akan menambah wawasan tentang dunia luar. Dari aktivitas membaca kita akan mengetahui berbagai macam ilmu yang sebelumnya kita tidak tahu. Oleh karena itu kemampuan membaca adalah hal yang paling vital. Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 biasanya belum lancar. Ada sebagian sekolah biasanya mendapati setengah dari seluruh siswanya belum bisa membaca khususnya siswa kelas 1 awal. Malah ada pula sekolah didaerah terpencil banyak para siswa kelas1 awal rata-rata belum bisa membaca semua. Merupakan tugas seorang guru agar siswa tersebut bisa lancar dalam membaca. Mengingat membaca merupakan fondasi untuk mengembangkan ilmu ditingkatan selanjutnya. Oleh karena itu pembelajaran membaca permulaan untuk kelas 1 adalah pembelajaran yang pokok untuk mengembangkan ilmu atau pelajaran yang lainnya. Mengajarkan membaca permulaan membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dari seorang gur...
Salah satu tujuan pembelajaran bahasa Indonesia adalah menguasai keterampilan berbahasa. Berbicara merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa dan juga merupakan sasaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Keterampilan berbicara dapat berkembang dengan baik apabila didukung oleh keterampilan berbahasa lainnya yaitu, menyimak, membaca dan menulis. Rumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada keterampilan berbicara diharapkan bisa mewadahi kemampuan berbahasa siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan pengalaman belajar bagi siswa sehingga pembelajaran berbicara tercipta kebermaknaan. Pembelajaran yang bermakna ini penting karena memberikan landasan pengetahuan yang kuat pada siswa. Siswa yang diberikan pengalaman belajar yang baik oleh guru akan mempunyai fondasi ilmu yang baik pula untuk meneruskan kejenjang pendidikan selanjutnya. Kegiatan berbicara dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu kebu...
Komentar
Posting Komentar