Membaca membuka cakrawala dunia itulah ungkapan pepatah . Dengan membaca akan menambah wawasan tentang dunia luar. Dari aktivitas membaca kita akan mengetahui berbagai macam ilmu yang sebelumnya kita tidak tahu. Oleh karena itu kemampuan membaca adalah hal yang paling vital. Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 biasanya belum lancar. Ada sebagian sekolah biasanya mendapati setengah dari seluruh siswanya belum bisa membaca khususnya siswa kelas 1 awal. Malah ada pula sekolah didaerah terpencil banyak para siswa kelas1 awal rata-rata belum bisa membaca semua. Merupakan tugas seorang guru agar siswa tersebut bisa lancar dalam membaca. Mengingat membaca merupakan fondasi untuk mengembangkan ilmu ditingkatan selanjutnya. Oleh karena itu pembelajaran membaca permulaan untuk kelas 1 adalah pembelajaran yang pokok untuk mengembangkan ilmu atau pelajaran yang lainnya. Mengajarkan membaca permulaan membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dari seorang guru. Guru harus bisa mengambil
Salah satu tujuan pembelajaran bahasa Indonesia adalah menguasai keterampilan berbahasa. Berbicara merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa dan juga merupakan sasaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Keterampilan berbicara dapat berkembang dengan baik apabila didukung oleh keterampilan berbahasa lainnya yaitu, menyimak, membaca dan menulis. Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 dirumuskan Kompetensi Inti Bahasa Indonesia Kelas IV adalah memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain . Rumusan Kompetensi Inti dan kompetensi dasar pada keterampilan berbicara diharapkan bisa mewadahi siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan pengalaman belajar bagi siswa sehingga pembelajaran berbicara tercipta kebermaknaan. Pembelajaran yang bermakna ini sangat
Komentar
Posting Komentar